Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Game My Boy (GBA) Terbaik di Tahun 2022


Kumpulan Game My Boy (GBA) Terbaik 2022 - Game Boy Advance kini telah melanjutkan apa yang membuat Game Boy ini begitu hebat. Sebagai genggam fantastis lainnya di jajaran Nintendo, Anda hanya perlu melihat daftar game GBA terbaik di tahun 2022 ini. Kemajuan Game Boy tidak hanya memiliki kekuatan grafis yang lebih besar, tetapi juga memiliki kemampuan untuk terhubung ke GameCube dan dukungan pihak ketiga dari orang-orang seperti Konami, Square, Capcom, dan Sega. 

Sebagai mesin yang lebih kuat yang dapat menjalankan versi portabel dari game SNES klasik seperti game A Link to the Past, GBA juga memiliki beberapa eksklusif yang sangat populer, seperti The Legend of Zelda: The Minish Cap dan Mario Kart: Super Circuit. Ada begitu banyak daftar game yang tersedia di konsol GBA ini, yang akan Anda lihat di sini dalam pilihan kami dari game GBA terbaik. 


Kumpulan Game My Boy (GBA) Terbaik di Tahun 2022 


1. Double Dragon Advance

Remake Million dari game arcade klasik bukan hanya salah satu game terbaik dalam seri ini, tetapi petarung terbaik di handheld Nintendo. Meskipun mencakup versi yang dirombak dari empat tahap asli hit arcade, ia menambahkan empat lagi, sangat memperluas kesenangan dalam prosesnya. Mekanika tempur juga diperluas, dengan Million mencari game selanjutnya dalam seri untuk inspirasi dan memperkenalkan senjata baru untuk membumbui gameplay yang sudah kuat. Seperti banyak pejuang bergulir, Double Dragon Advance benar-benar menjadi hidup dengan pemain kedua, tetapi mengingat tingginya harga permainan saat ini yang mungkin agak sulit dicapai.


2. Gunstar Future Heroes

Run-and-gun Treasure yang luar biasa adalah penghormatan kepada game-game Sega klasik di masa lalu dan juga merupakan kunjungan kembali dari Mega Drive yang asli. Meskipun mekanisme tempurnya telah sedikit berkurang, ia masih berhasil menawarkan banyak aksi taktis saat Anda beralih di antara senjata yang tersedia dan menembak melalui berbagai level, membongkar bos raksasa yang seringkali tampak spektakuler saat Anda melakukannya. Banyak level akan langsung akrab bagi penggemar game aslinya, tetapi Anda akan menemukan banyak bagian baru yang merujuk pada sejumlah hit Sega klasik, dari After Burner hingga Thunder Blade. Satu-satunya kritik nyata adalah bahwa itu sangat pendek dengan hanya enam level.


3. Kirby And The Amazing Mirror

Sementara tamasya asli Kirby di GBA adalah remake yang disempurnakan dari petualangan NES pertamanya, yang kedua adalah urusan yang jauh lebih ambisius. Bepergian melalui Mirror World pada dasarnya seperti melintasi labirin raksasa dan Kirby sering harus memanggil tiga Kirby lainnya (melalui ponsel lucu) untuk memecahkan teka-teki tertentu dan melanjutkan pencariannya. Itu ide yang bagus, tetapi memang bekerja lebih baik ketika Anda bekerja sama dengan tiga lawan manusia lainnya. Secara mekanis, ini sama seperti game Kirby lainnya, tetapi didukung oleh genre Metroidvania dan beberapa mini-game yang sangat menghibur.


4. Sonic Advance

Landak Sega mungkin telah melakukan bid'ah dengan pindah ke perangkat genggam Nintendo di mata penggemar tertentu, tetapi semua orang menemukan bahwa Sonic tidak kehilangan kecepatan atau bakat khasnya dalam gerakan yang dulu tidak terpikirkan. Platformer Dimps dan Sonic Team dengan mudah menangkap kembali langkah cepat dan tata letak level yang cerdas dari game Mega Drive sebelumnya, dan ada keketatan pada tahapan yang tidak ditemukan di dua sekuelnya. Yang terbaik dari semuanya, Sonic, Tails, Knuckles, dan Amy Rose semuanya bermain secara berbeda satu sama lain, jadi Anda memiliki banyak alasan untuk kembali setelah Anda menyelesaikan enam zonanya.


5. RhythmTengoku 

Game GBA pihak pertama terakhir Nintendo tidak pernah mencapai barat, tetapi ini adalah ledakan mutlak untuk dimainkan yang membutuhkan sedikit pengetahuan tentang bahasa Jepang untuk dinikmati. Seperti WarioWare, ini adalah kumpulan mini-game unik dengan gaya visual yang unik, tetapi fokus dari setiap tugas gila didasarkan pada menjaga ritme Anda sebanyak mungkin. Mini-game berkisar dari meninju benda hingga mencabut kumis dari sayuran berbulu dan menggunakan hewan laut untuk melompat ke bulan. Ini benar-benar gila, tetapi kontrol yang dibuat dengan ketat dan nada yang sangat baik akan menyebabkan kaki Anda mengetuk sebanyak jari Anda.


6. Harvest Moon: Friends Of Mineral Town

Meskipun biasanya digolongkan sebagai RPG, game Harvest Moon lebih tentang manajemen sumber daya dan tidak ada yang akan menguji kemampuan Anda sebanyak yang satu ini. Ini pada dasarnya adalah remake portabel dari game PlayStation, Back To Nature dan juga bagus. Anda segera menyadari bahwa tantangan terbesar yang Anda hadapi adalah waktu itu sendiri dan itu menjadi tugas nyata untuk merawat tanaman Anda, memberi makan ternak Anda dan masih menemukan waktu untuk merayu gadis impian Anda. Rilis selanjutnya yang disebut Harvest Moon: More Friends Of Mineral Town juga ada, tetapi menukar karakter utama dengan karakter wanita.


7. F-Zero: Maximum Velocity

Meskipun konsol Nintendo memiliki sejumlah pembalap berbasis poligon di tahun-tahun berikutnya, game yang mencoba meniru gaya Mode 7 dari SNES bernasib terbaik. Kecepatan Maksimum adalah bukti sempurna untuk ini, memukau para gamer saat diluncurkan dengan trek balapnya yang apik dan tampak keren. Meskipun diatur bertahun-tahun setelah permainan aslinya (artinya tidak ada pemain tetap seperti Kapten Falcon dan Samurai Goroh), ia mempertahankan mekanisme yang sama, termasuk peningkatan kecepatan berbasis kemajuan dan format berbasis eliminasi F-Zero. Ini bekerja dengan sempurna dan hasil akhirnya adalah salah satu pembalap terbaik di sistem. Dua sekuel diikuti, tetapi keduanya sangat mahal, terutama F-Zero eksklusif Jepang: Climax.


8. Kuru Kuru Kururin

Perangkat genggam Nintendo adalah surga yang bagus bagi para teka-teki, tetapi hanya sedikit yang akan mendidihkan darah Anda seperti permata yang sangat rumit dari Eighting ini. Kakak-kakak Kururin telah hilang dan itu tergantung pada bebek pemberani untuk melompat ke helikopternya dan menavigasi beberapa tingkat yang sangat rumit untuk menemukan saudara-saudaranya yang hilang. Sayangnya, banyak area yang harus dimasuki Kururin hanya menyisakan sedikit ruang untuk baling-baling helikopternya sehingga Anda perlu pengaturan waktu yang cermat dan manipulasi kecepatan Anda untuk memastikan Kururin tidak menabrak dinding terdekat. Sekuel menuju ke GBA dan GameCube, tetapi tidak seperti aslinya, mereka tidak pernah meninggalkan Jepang.


9. Golden Sun and Golden Sun: The Lost Chapter

Oke, kami secara teknis curang di sini, tetapi RPG Camelot yang menakjubkan sangat saling terkait bahwa mereka pada dasarnya adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Meskipun pilihan yang Anda buat dalam perjalanan Anda tidak berdampak seperti yang diyakini Camelot, tidak dapat disangkal kekayaan cerita atau banyak karakter menghibur yang Anda temui. Secara mekanis, ini juga luar biasa, dengan pertempuran yang berputar di sekitar pengamanan Djinn seperti Pokémon, yang dapat Anda temukan melalui eksplorasi atau mengalahkan mereka dalam pertempuran dan kemudian digunakan untuk meningkatkan kecakapan tempur kelompok Anda. Semuanya diakhiri oleh beberapa seni piksel terbaik untuk ditampilkan di game GBA apa pun.


10. Bor Dozer

Selama tahun 2000-an, Game Freak berfokus hampir secara eksklusif pada game Pokémon, tetapi ia menemukan waktu untuk menghasilkan permata platformer ini. Muncul seperti manga bergaya, Drill Dozer bekerja berkat lokalisasi yang tajam, bos yang menantang dan eksotis, dan mekanik inventif yang berputar di sekitar penggunaan bor tituler yang digunakan protagonis Jill. Kemampuan gemuruh GBA yang sering terlupakan digunakan dengan cerdik untuk menyoroti intensitas kekuatan bor Anda, sementara desain level inventif dan teka-teki yang dipikirkan dengan matang memastikan Anda akan selalu menemukan cara baru untuk mendapatkan hasil maksimal dari alat hidraulik Anda.


11. Skater Pro Tony Hawk 2

Sudah dua dekade sekarang dan kami masih mencari tahu bagaimana Vicarious Visions melakukan ini di perangkat genggam kecil Nintendo. Ya ada konsesi yang jelas (soundtrack berlisensi adalah rendisi instrumental pendek) dan ya visual mungil kadang-kadang bisa membuat mata tegang, tapi itu tidak mengurangi sama sekali dari gameplay pickup dan play yang sangat baik yang sama adiktifnya di sini seperti dulu. pada versi konsol rumah yang lebih besar. Meskipun sudut pandang isometrik baru, semua level asli ditangkap dengan sempurna dan langsung dikenali. Secara mekanis, ini juga sangat baik dan sementara set gerakan telah diputar kembali sedikit, tetap sama menyenangkannya dengan mengumpulkan skor yang gila.

12. Mario Vs Donkey Kong

Rilisan tahun 2004 yang menawan ini secara efektif merupakan penerus spiritual dari game Game Boy tahun 1994 sebelumnya, Donkey Kong. Banyak tahapan biasanya terdiri dari Mario yang mencoba mengambil kunci untuk membuka pos pemeriksaan dan kemudian menyelamatkan mainan Mario yang dicuri dengan batas waktu yang ketat, tetapi tukang ledeng yang berani juga perlu memandu Marios mainan yang diambil ke tempat yang aman di tahap terpisah dan kemudian menghadapi pertempuran inventif melawan Donkey Kong. Ini adalah konsep yang rapi dengan presentasi luar biasa yang akan menguji keterampilan platforming Anda serta materi abu-abu lama Anda. Beberapa sekuel diikuti pada sistem selanjutnya, tetapi yang asli tetap menjadi favorit kami.


13. Metroid: Zero Mission

Di samping remake GameCube Resident Evil yang luar biasa dari Capcom, ini tetap menjadi salah satu remaster terbaik generasi ini. Daripada hanya membuat ulang NES klasik asli (yang disertakan sebagai tambahan yang tidak dapat dibuka), Nintendo R&D1 mengambil inti dari game 8-bit perintis dan memperlengkapinya kembali secara halus. Perjalanan Samus diceritakan kembali dengan cutscene baru, sementara peningkatan estetika sangat meningkatkan apa yang sudah menjadi petualangan yang sangat atmosferik. Yang terbaik dari semuanya adalah bahkan ketika Anda mencapai akhir permainan, Nintendo memiliki satu trik terakhir, yang memungkinkan Anda mengalami pertempuran Samus melawan bajak laut luar angkasa yang belum pernah ada sebelumnya.


14. Super Mario Advance 2: Super Mario World

Meskipun kami ingin menyimpan daftar seperti ini untuk sistem eksklusif, kami akan lalai jika kami tidak merayakan versi portabel dari platformer 2d terhebat sepanjang masa. Ini pada dasarnya adalah bagian yang sama dari keunggulan platform luar biasa yang muncul di SNES tetapi berbagai penyesuaian telah dibuat dari mencerahkan karakter agar lebih mudah dilihat, hingga menambahkan Koin Naga baru secara bertahap yang awalnya tidak menampilkannya. Oh, dan Luigi sekarang menjadi karakter yang dapat dimainkan juga. Ini bukan pembaruan yang paling ambisius, tetapi seperti yang dibuktikan oleh koleksi Super Mario 3D All-Stars Switch baru-baru ini, sangat, sangat sulit untuk meningkatkan kesempurnaan platform.


15. Final Fantasy Tactics Advance

Bukan kebohongan untuk mengakui bahwa kami telah menghabiskan hampir 300 jam untuk mencapai strategi hebat Square. Alih-alih bertindak sebagai sekuel langsung ke PlayStation asli, epik isometrik portabel Square adalah cerita mandiri yang dibuat di dunia Ivalice dan menampilkan sekelompok anak kecil yang mencoba menemukan jalan pulang. Petualangan raksasa berada di dalam kartrid kecil Square dan Anda akan menemukan banyak peningkatan dari hit PlayStation asli, termasuk daftar pekerjaan yang jauh lebih besar dan mekanika yang ditingkatkan untuk mempelajari kemampuan baru. Perubahan terbesar (dan banyak yang akan mengatakan yang terbaik) adalah pengenalan Juri yang membuat pemain mengikuti undang-undang baru yang ketat yang dapat langsung mengubah gelombang pertempuran.


16. Pokemon Ruby/Sapphire/Emerald

Sementara Pokemon FireRed dan LeafGreen adalah Pokemon yang luar biasa game dengan hak mereka sendiri, entah bagaimana kami berhasil menghabiskan lebih banyak waktu di trilogi RPG ini. Banyak penggemar Pokemon tidak senang dengan keputusan Game Freak untuk tidak mengimpor Pokemon Anda sebelumnya (artinya ini adalah pertama kalinya Anda tidak dapat benar-benar menangkap mereka semua) tetapi mesin baru dan tidak harus bersandar pada game sebelumnya berarti itu seri dapat bergerak ke arah yang baru, termasuk menambahkan pertempuran ganda baru yang dramatis dan memberikan Kemampuan dan Sifat bawaan baru yang selanjutnya membedakan makhluk lucu yang Anda coba kumpulkan dengan tergesa-gesa.

17. Mario Kart: Super Circuit

Sementara gaya grafis pra-render belum benar-benar bertahan dalam ujian waktu, mekanik karting yang dipoles benar-benar memilikinya. Keindahan pembalap portabel Nintendo adalah tidak mencoba untuk menemukan kembali kemudi, tetapi hanya membangun dua game yang melanjutkannya. Anda tidak akan menemukan power-up baru atau karakter baru, tetapi Anda akan menemukan 20 trek yang dirancang dengan brilian, tingkat kesulitan yang menantang, dan beberapa opsi multipemain yang luar biasa. Dalam sepotong jenius, ini juga memungkinkan Anda untuk membuka 20 trek Super Mario Kart, sebuah langkah yang terbukti sangat populer, waralaba terus mengunjungi kembali trek klasik hingga hari ini.


18. Fire Emblem

Ini sebenarnya adalah entri ketujuh dalam seri strategi luar biasa Sistem Cerdas dan ini berfungsi sebagai pengantar yang sangat baik untuk waralaba yang sangat dihormati. Seperti teman stabil strateginya, Advance Wars, Fire Emblem terlihat lucu di permukaan, tetapi sebenarnya adalah permainan yang sangat tangguh, berkat AI-nya yang menantang, peta yang dirancang luar biasa, dan sistem senjata segitiga yang memperkuat setiap pertempuran. Hal-hal semakin rumit dengan Anda kehilangan anggota secara permanen saat mereka jatuh dalam pertempuran, yang berdampak ganda karena tulisan yang kuat dan kepribadian yang menarik membuat setiap karakter mudah untuk terhubung. Emblem Api lanjutan: Batu Suci sama-sama layak untuk waktu dan uang Anda.


19. Astro Boy: Omega Factor

Kolaborasi yang kacau balau Treasure dan Hitmakers bukan hanya sebuah surat cinta untuk serial manga klasik karya Osamu Tezuka, tetapi juga berfungsi sebagai gambaran umum dari keseluruhan karyanya. Pada intinya, Omega Factor adalah beat-'em-up, tetapi ini adalah salah satu yang membanggakan diri karena memberikan kerusakan sebanyak mungkin sehingga Anda dapat dengan cepat membangun pengukur EX Astro Boy dan meratakan musuh Anda dengan serangan khusus yang keterlaluan. Ini adalah permainan yang benar-benar luar biasa, yang ditingkatkan lebih jauh dengan pertemuan bos yang secara teknis keterlaluan, alur cerita yang sangat kuat, dan platform ringan dan bagian pemotretan yang dengan baik menyoroti sihir teknis Treasure.


20. Mario dan Luigi: Superstar Saga

GBA tentu saja tidak kekurangan di departemen RPG, tetapi hanya sedikit yang memegang lilin untuk petualangan yang sangat cerdas ini. Sementara cerita yang sangat lucu akan menarik perhatian Anda, itu adalah mekanisme tempur yang dibuat dengan baik yang membuat petualangan AlphaDream begitu menyenangkan untuk dimainkan. Alur pertempuran akan langsung akrab bagi siapa saja yang pernah mengalami RPG Mario sebelumnya, tetapi pertarungan secara cerdik ditingkatkan dengan dimasukkannya Luigi. Cinta persaudaraan ini meluas ke sisa permainan juga dan pasangan ini memiliki sejumlah gerakan khusus yang akan memungkinkan mereka untuk menavigasi Kerajaan BeanBean dalam misi mereka untuk menyelamatkan Putri Peach.


21. Castlevania: Aria Of Sorrow

Ketiga game GBA Castlevania layak untuk menjadi koleksi Anda, tetapi jika Anda hanya dapat memilih salah satu maka buru Sorrow. Ini bukan hanya yang paling estetis dari tiga game tetapi kaya secara mekanis berkat sistem Jiwa Taktis baru yang memungkinkan Anda menyerap jiwa musuh yang kalah dan menggunakannya untuk meningkatkan keterampilan protagonis Soma Cruz. Anda tidak akan menemukan kastil terbalik di sini, tetapi Anda akan menemukan bos yang spektakuler, soundtrack yang luar biasa, dan sejumlah persenjataan konyol untuk bereksperimen. Petualangan Soma berlanjut dengan Dawn Of Sorrow di DS.


22. WarioWare, Inc.: Mega Microgames!

Beberapa game mencapai tingkat kekonyolan yang tidak masuk akal yang berhasil dicapai oleh kumpulan mini-game toilet ini. Kecemerlangan Wario Ware Inc berasal dari aksesibilitas belaka dan sistem kontrol yang sederhana – Anda biasanya diberi instruksi satu kata dan kemudian beberapa detik untuk mencapai tugas absurd yang diperlukan, yang dapat berkisar dari menyeimbangkan satu set ubin saat mengendarai sepeda roda satu untuk mengendus bogey kembali ke hidung seorang gadis. Lebih dari 200 game absurd tersebar di sembilan level bertema, termasuk panggung yang merayakan waralaba Nintendo klasik, dan seluruh paket disatukan oleh gaya seni yang sangat abstrak yang mengangkat game Nintendo ke tingkat keanehan yang lebih tinggi.


23. Advance Wars and Advance Wars 2

Meskipun garis keturunan seri Sistem Cerdas dapat ditelusuri kembali ke
Famicom, sistem portabel Nintendo terasa seperti rumah aslinya. Pasukan dan kendaraan kecil mungkin membuat permainan Intelligent System terlihat lucu, tetapi mereka hanyalah front periang untuk beberapa peta yang sangat kompleks yang akan membutuhkan kejeniusan taktis nyata untuk dikuasai. Untungnya tugas menjadi jauh lebih mudah berkat pilihan komandan yang penuh karakter dan memiliki kekuatan unik untuk dikuasai. Bahkan ketika Anda telah menyelesaikan kampanye yang panjang, perang masih jauh dari selesai dan peta multipemain yang menarik akan membuat Anda terus bermain sampai baterai Anda habis. Sekuelnya melanjutkan cerita game pertama dan sama hebatnya, memperkenalkan delapan komandan lagi, kekuatan baru, Neotank baru, dan banyak penyesuaian kualitas hidup lainnya.


24. The Legends Of Zelda: The Minish Cap

Meskipun tidak memiliki sentuhan pemandu Eiji Aonuma yang telah menggembalakan seri ini sejak Ocarina Of Time, The Minish Cap masih terasa seperti permainan Zelda tradisional. Flagship telah melakukan pekerjaan yang baik dengan seri Oracle di Game Boy Color, dan The Minish Cap membangun kekuatan tersebut dengan meningkatkan elemen seperti desain ruang bawah tanah dan memberikan teknik pedang baru untuk dikuasai Link. Namun, masterstroke dari The Minish Cap adalah kemampuan baru Link untuk mengecilkan ukurannya, yang sangat meningkatkan aspek teka-teki dari seri karena Anda perlu bolak-balik di antara formulir untuk menemukan rute baru dan menyelesaikan berbagai tugas. Ezlo, topi bicara tituler game ini juga merupakan tambahan yang bagus, dengan komentar pedasnya memberikan banyak humor saat Anda menavigasi dunia yang dirancang secara ambisius dari Flagship. Game Zelda genggam tidak jauh lebih baik dari ini.

25. Metroid Fusion

Banyak yang berharap Super Metroid akan dikonversi ke pembangkit tenaga listrik 32-bit portabel Nintendo seperti game Super Mario sebelumnya, tetapi pendukung seri Yoshio Sakamoto punya rencana lain. Metroid Fusion adalah hasilnya dan ini adalah petualangan fantastis yang membawa seri ini ke arah baru yang menarik. Meskipun tidak menawarkan tingkat kebebasan yang sama seperti saudara-saudaranya yang lebih tua, strukturnya yang lebih linier mengarah ke narasi yang jauh lebih kuat daripada game Metroid sebelumnya dan mengeksplorasi kepribadian Samus dengan cara yang akan dianut oleh game-game selanjutnya. Kekuatan lainnya adalah pengenalan musuh Samus, SA-X, parasit mematikan yang terbentuk dari Power Suit lamanya. Samus sendiri sedang mencoba untuk mendapatkan kembali kekuatannya yang hilang, yang berarti dia terus-menerus dikuntit oleh musuh yang jauh lebih kuat. Ini adalah permainan kucing dan tikus yang mematikan yang ditingkatkan oleh visual atmosfer permainan dan sifat klaustrofobia dari layar kecil GBA. Ini adalah permainan terbaik yang dapat Anda alami di perangkat genggam Nintendo.


Demikianlah yang dapat kami bagikan disini mengenai game my boy gba zip terbaik. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.